Selasa, 18 Desember 2012

REQUEST LAGU MEMAKAI KARTU POST (KARTU PILIHAN PENDENGAR/KPP)


Mendengarkan radio bisa dimana saja, kapan saja, misalnya lagi dalam perjalanan alias di mobil, sedang nyuci, masak didapur  anda bisa mendengarkan acara radio. Acara apa yang menjadi  favorit anda? Tentunya setiap orang mempunyai  acara favorit masing-masing. Acara radio sangat beragam dan tergantung segmen radionya. Mungkin diantara anda ada yang suka mendengarkan acara request  lagu, di jaman sekarang dengan kemajuan teknologi merequest  lagu  tidak usah berlama-lama menunggu sampai berhari-hari,  karena sekarang udah ada fasilitas: SMS, YM, FB, BBM dan Telepon.
 
SMS Request


Buat yang mau request lagu tinggal ngetik lagu apa yang mau di request lalu kirimkan melalui sms, syaratnya dengan ada pulsa di hp anda masing-masing, nunggu beberapa menit  sabar sedikit requesan anda di putarkan oleh penyiar,  ada pulsa internet tinggal ceting request lagu di media sosial atau tinggal pijit nomor telepon on air .....kring.....kring.... hallo mau request lagu dari Cakra Khan yang Judulnya Harus Terpisah, kirim-kirim : buat All crew selamat bertugas sampai tuntas,  ok itu kata pendengar  di jaman sekarang, lain di jaman dulu mau request lagu harus nunggu berhari-hari dikarenakan melalui Kartu Pilihan Pendengar/ Kartu Pos yang di kirim melalui Pos dan Giro, 3 harian sampai ke studionya. Di Kartu Pilihan Pendengar ini, Pendengar menuliskan lagu yang di requestkannya. 


KPP bisa juga di beli di Studio Radio Swasta di Jaman tahun 70an, harga KPP satunya satu rupiah (sumber karyawan radio swasta jaman tahun 70an) Jika mau request lagu, selain judul lagu pendengar harus menulis nama acara dan jam berapa mau diputarkannya, agar permintaan lagu bisa didengarkan oleh pendengar yang minta lagu bersangkutan. Konon kabarnya masa-masa KPP ini dari tahun 60an sampai tahun 80an masih menjadi trend di radio milik pemerintah dan swasta. 

Kartu Post (Kartu Pilihan Pendengar/KPP)
Masih kejamanan oleh saya di tahun 90an ketika  duduk di bangku SMP,  pernah mengirimkan kartu post requesan ke Radio OZ FM Bandung, kalau gak salah  nama program acaranya Tembang Klasik 103, setiap Selasa malam nama penyiarnya Mba Inge Bahran atau yang terkenal Inge B memutarkan lagu-lagu tahun 80an. 

Waktu itu saya request lagu apa yah? Aduh lupa lagi, tapi saya masih ingat kartu post requesan  saya di bacakan. Kenapa mengirimkan kartu post??? ketika pas sedang mendengarkan acara tersebut Mba Inge B, menyebutkan buat Mojang – Bujang yang mau request boleh kirimkan requesan melalui Kartu Pos ke Jalan Setrasari II No 14  dan juga saya dengar Mba Inge B membacakan requesan kartu post milik Mojang – Bujang lain, jadi saya ikut mencoba mengirimkan request melalui kartu post yang sudah dibubuhi prangko Rp 300,- alias tiga ratus rupiah dan mengirimkannya melalui kantor Post dengan menunggu sekitar 1 mingguan requesan baru di udarakan....he he he he, kaya-kayanya kalau di lihat jaman saiki ga ada yang request pake Kartu Post atau disebut juga Kartu Pilihan Pendengar/KPP, kalaupun ada hanya 0,5 persen.

Kalau jaman sekarang request lagu pake kartu post ke Radio Anak Muda di bacakan ga yah??? Tergantung kepada penyiarnya.....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar